KEGIATAN APRIL 2020

KEGIATAN 2020

12_APRIL_2020 GUGUR GUNUNG MAKAM LUMBANGLOR LUMBANGSARI

Gugur Gunung adalah istiah yang dipakai warga desa untuk menyatakan bahwa ada kegiatan pembersihan areal pemakaman dalam rangka menyambut bulan puasa Romadlon dan Hari Raya. 

Gugur Gunung taun ini ( Romadlon 1441 Hijriyah ) kedapatan warga RT7 sebagai petugas yang ditunjuk untuk itu. Tim yang dikomandoi oleh kang Mansur ( A.A Mansur ) bekerja terusan selama 4 hari untuk membersihkan dan membabat - segala tanaman rumput dan ilalang yang mengganggu pemakaman.

Pak Kaur Kesra Lumbangsari,  Mashudi bersama tim Gugur Gunung 1411 H


16_APRIL_2020 MUSYAWARAH PENERAPAN PHYSICAL DISTANCING

Pada hari ini pukul 23.00 diadakan musyawarah antara beberapa perwakilan tokoh masyarakat dan 3 pilar desa Lumbangsari, yakni KadesLumbangsari, Bhabinsa Lumbangsari, dan Bhabinkamtibmas Lumbangsari.

Rembug ini membahas tentang mesti disegerakan pembuatan Physical Distancing di setiap batas desa, tidak terkecuali Desa Lumbangsari.



19_APRIL_2020 PEMASANGAN SETOPAN JALAN DAN PEMBATAS MASUK 

Pada hari ini, warga bekerja bhakti membuat pembatas jalan untuk menerapkan PHYSICAL DISTANCING yang diinstruksikan oleh Bupati Kab Malang, H. Sanusi.

Bahan pembuatan adalah gabungan antara pemerintah desa dengan swadaya warga. Mulai dari pemotongan, pengelasan, pengecatan hingga finishing dilaksanakan di kampung RT7.

Pembuatan jomplangan di bengkel milik pak Barjak, warga RT7

Setelah dipotong di bengkel, maka potongan besi tadi dibawa ke batas RT7 sisi timur. Telah disiapkan cor-coran untuk landasan jomplangan biar memiliki kekuatan dan tidak goyah.

Pengecatan jomplangan
Warga berfoto bersama setelah menyelesaikan palang batas

 20_APRIL_2020 ADIK WAFAT

INNA LILLAAHI WA INNAA ILAIHI ROOJI'UUN. Segala sesuatu milik ALLAH dan sesungguhnya kepadaNYA pula ( sesuatu itu ) dikembalikan

Hari ini ada warga RT7 yang meninggal dunia, a.n HILYA. Usia 3 tahun. Putri dari pasangan ustadz Samsudin dan Ny.Khikmatul Umroh


Adik Hilya dimakamkan di Pemakaman LumbangLor. Warga turut serta mendo'akan keberangkatan jenazah adik HILYA ke tempat yang baru.


Selamat jalan adik HILYA , semoga engkau adalah penolong kelak ibumu di akhirat nanti, Aamin.

20_APRIL_2020 PEMASANGAN BANNER PHYSICAL DISTANCING LUMBANGSARI

Setelah plang pembatas selesai dibuat, maka Pemerintah Desa Lumbangsari mengirimkan sepotong banner untuk dijadikan penanda diterapkannya Physical Distancing.

P.D adalah program Pemerintah Kabupaten Malang dalam rangka menstop penularan virus dan pencegahan penyusupan orang luar yang tidak bertanggung jawab. Pada bulan - bulan ini diceritakan Pemerintah melalui Kementrian Hukum dan HAM telah melepas ribuan Narapidana ribuan orang sebagai salah satu bentuk alasan  untuk menguragi penularan virus Corona di wilayah Lembaga Pemasyarakatan.  

Pemasangan Banner Physical Distancing


20_APRIL_2020 RAPAT PEMBENTUKAN SISKAMLING RT7
Rapat warga diadakan pada tanggal 20 April 2020 dirumah pak Ketua RT7, Yohan I. Rapat warga bertujuan untuk membentuk tim Ronda/ jaga keliling kampung.
 Warga menyambut baik kegiatan ini. Mengingat ronda telah lama tidak diaktifkan.
 
Ronda / siskamling terakhir dilakukan pada tahun 97-an pada saat musim kerusuhan ancaman pembunuhan ulama - ulama NU pada saat itu.


Rapat pembentukan SISKAMLING

 

Anggota rapat kali ini adalah warga yang bekerja pada bidang keamanan dan memiliki pengalaman dibidang keamanan.

 

23_APRIL_2020 PENINJAUAN PENERAPAN PHYSICAL DISTANCING WARGA RT7

Pada siang ini Bapak - bapak 3 Pilar desa, yakni Kepala Desa Lumbangsari ( Ir. H, Hadi Yanoko ), Bhabinkamtibmas Lumbangsari ( Bripka Dwi S ), Babinsa Lumbangsari ( Serda Chairil A ), meninjau penerapan Physical distancing Desa Lumbangsari khususnya batas desa Lumbangsari yang kebetulan berada di RT7/RW2.

Peninjauan Physical Distancing oleh 3 Pilar Desa Lumbangsari

23_APRIL_2020 KERJABAKTI PEMBUATAN POS KAMLING SISI TIMUR

Kegiatan dimulai bakdal sholat ashar dengan alasan pada siang hari ada hujan yang mengguyur cukup deras.Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut instruksi pemerintah desa, Koramil dan Polsek untuk ikut menggiatkan kembali SISKAMLING.

 


Ketua RT7 telah melakukan lobbi dengan pemilik lahan,  yakni pak MUSTAWI untuk meminjam lahan sebagai poskamling, dan pemilik lahan meminjamkan lahannya untuk dimanfaatkan sebagai Pos Jaga warga RT7.

Pada malam harinya, warga melanjutkan kegiatan ini dengan memasang terop besi milik kumpulan tahlil RT7.

Pasang POS dari bahan terop
Tidak seberapa lama, terop telah berdiri. Akan tetapi tanah yang sebelumnya penuh rumput harus segera di ratakan


24 APRIL 2020 JAGA RONDA PERTAMA RT7

Pada malam ini, warga telah melakukan ronda malam untuk keliling kampung dalam rangka penerapan SISKAMLING. Malam ini adalah malam perdana jaga malam.

 Warga antusias dalam rangka menjaga kampung dari hal - hal yang tidak diiinginkan seputar keamanan kampung.

Rilis awal jadwal ronda malam RT7

 

Pada tanggal 27 April 2020 ada revisi jadwal ronda malam. Revisi dilakukan karena ada beberapa nama dan waktu warga yang sulit dengan pekerjaan mereka. Akhirnya Pak Ketua RT mengeluarkan rilis jadwal jaga Revisi 1

Jadwal ronda revisi 1

BACA JUGA:

KEGIATAN BULAN MEI 2020

KEGIATAN BULAN AGUSTUS 2020


2 komentar:

  1. Subkhanalloh bagus pak rt

    Di masa era digital Masyarakat rt 7 jadi lebih tau informasi melalui blog

    BalasHapus

SELAMETAN 1 SURO DI MAKAM LELUHUR LUMBANGSARI

 Pada hari rebo, tanggal 19 Juli 2023 Desa Lumbangsari mengadakan acara Tasyakuran / Selametan. Acara Selametan ini dilaksanakan di 3 tempat...

KABAR POPULER